Translate

Monday 26 May 2014

TIPS SUKSES MENGHADAPI UN

UN ( Ujian Nasional ) adalah tahap akhir atau tantangan terakhir bagi siswa dalam menempuh suatu jenjang pendidikan dari jenjang SMP dan SMA. Ujian Nasional menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi siswa, karena dari tahun-ketahun tingkat kesulitan soal Ujian Nasional semakin sulit dan syarat kelulusannya pun semakin diperketat.


Karena hal-hal tersebut ada sebagian siswa yang sangat takut akan hasil Ujian Nasionalnya. Bahkan, ada siswa yang sampai bunuh diri karena begitu khawatirnya. Sebenarnya Ujian Nasional tidak seharusnya dijadikan beban, asal kita mau belajar dan berlatih.

Adapun beberapa tips yang mungkin bisa untuk dicoba oleh kawan-kawan agar nantinya sukses dalam menempuh Ujian Nasional adalah sebagai berikut :

1. Rajin Belajar dan Disiplin

Yang satu ini sudah menjadi keharusan bagi siswa yang ingin sukses dalam menghadapi Ujian Nasional. Seperti kata pepatah " Rajin Pangkal Pandai ". Tidak ada hal yang tidak mungkin jika kamu rajin belajar. Selain itu, untuk lebih menambah kesuksesan dalam menghadapi Ujian Nasional, kita harus berdisiplin waktu. Disiplin waktu yang dimaksud adalah mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.

2. Perbanyak Latihan Soal-Soal Ujian Nasional

Mempelajari teori saja tidak cukup. Kita harus memperbanyak latihan soal-soal Ujian Nasional. Dengan banyak berlatih mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, kita akan terbayang cara-cara untuk menyelesaikan soal-soal tersebut. Latihan mengerjakan soal-soal ini sebaiknya dilakukan begitu kita menginjak kelas IX SMP atau XII SMA, atau sebelum itu.

3. Belajarlah Sesuai Dengan Kisi-Kisi Ujian Nasional
Ini dilakukan untuk mengefektif dan mengefisienkan apa yang kita pelajari. Karena tidak semua materi yang diajarkan di sekolah keluar dalam Ujian Nasional, kita sebaiknya mempelajari materi yang kemungkinan besar keluar dalam Ujian Nasional. tentunya dengan cara ini kita bisa menghemat waktu dan tenaga dalam belajar.

4. Ikuti Bimbingan Belajar
Sebagai seorang siswa, disarankan untuk mengikuti bimbingan belajar untuk menambah referensi pengetahuan. Selain itu, di bimbingan belajar kita diberi trik-trik untuk mengerjakan soal dengan cepat dan tepat, teknik menghapal, dan lain sebagainya.

5. Belajar Berkelompok

Tentu di kelas kita mempunyai teman dengan berbagai macam kemampuan, ada yang berkemampuan lebih, ada yang sedang-sedang, dan ada juga yang berkemampuan kurang. Dengan belajar kelompok, kita bisa sharing satu sama lain untuk memecahkan persoalan yang tidak bisa dipecahkan sendiri.

6. Fokus Pada UN
Enam bulan sebelum UN, sebaiknya kita fokuskan diri kita ke UN. Kurangi kegiatan-kegiatan lainnya seperti bermain, pacaran, dan lain sebagainya.

7. Percaya Diri

Apapun yang kita kerjakan, kita harus menghadapinya dengan percaya diri. Mungkin ada beredar kunci jawaban dan lain sebagainya di masyarakat. lebih baik kita jangan memakai kunci jawaban tersebut, karena belum tentu benar. Lebih baik kita percaya pada kemampuan sendiri walaupun hasilnya nanti pas-pasan, tetapi memuaskan karena diperoleh dengan usaha sendiri tanpa bantuan dari siapapun, kecuali dari Tuhan Yang Maha Esa.

8. Jaga Kondisi Diri
Sebaiknya kita menjaga kesehatan jasmani dan rohani kita dengan cara berolahraga dengan teratur, istirahat yang cukup, minum air yang cukup, makan yang seimbang, serta menghindari minuman keras dan narkoba. Kita juga harus berhati-hati dalam berkendara supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, jangan melakukan tindak kriminal, dan tetaplah berperilaku yang baik.

9. Berhati-Hati Dalam Mengerjakan LJK
Periksalah keutuhan LJK terlebih dahulu, jika LJK yang kita terima dalam keadaan rusak langsung saja minta ganti yang baru agar tidak beresiko.

10. Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Ini adalah hal yang terpenting dari semua tips saya. Karena Tuhan yang menentukan hasil dari usaha kita. Bedoalah kepada-Nya agar kita diberikan yang terbaik dari apa yang kita usahakan.

No comments:

Post a Comment