Translate

Saturday 17 May 2014

CARA AMPUH MENGHILANGKAN RASA MALAS BELAJAR


Belajar adalah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan siswa. Bahkan orang bijak mengatakan bahwa manusia belajar seumur hidup. Namun, dewasa ini minat belajar di Indonesia relatif rendah. Hal ini mungkin disebabkan oleh adanya rasa malas untuk belajar. 

Kemalasan dalam belajar mungkin bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Rasa malas dapat menghambat keberhasilan seorang siswa dalam proses pembelajarannya. Untuk itu, seorang siswa harus dapat menghilangkan rasa malas dalam belajar. Adapun beberapa cara untuk menghilangkan rasa malas belajar adalah :


1. Lihatlah Manfaat Belajar

Kebanyakan orang cenderung menilai suatu kegiatan hanya dari sisi negatif. Termasuk dalam belajar. Ada orang yang menganggap kalau belajar tidak ada gunanya, ada juga yang merasa sia-sia belajar karena tidak mendapat manfaat apa-apa dari belajar. Padahal kalau dipikirkan banyak sekali manfaat yang diperoleh dari belajar, seperti melatih kita untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah, membantu kita dalam menghadapi ujian maupun ulangan, dan yang paling penting adalah mempersiapkan kita dalam menghadapi era globalisasi.

2. Biasakan Belajar 1 Jam Sehari

Kebanyakan orang merasa malas untuk melakukan sesuatu karena tidak terbiasa melakukan kegiatan tersebut, begitu pula dalam belajar. Untuk itu, kita harus membiasakan diri untuk belajar walaupun dalam waktu singkat ( misalnya 1 jam sehari ), lama-kelamaan kita akan merasa tertarik untuk belajar dan lama kelamaan bisa menjadi hobi.

3. Carilah Partner Untuk Penyemangat

Mencari partner sangat diperlukan untuk menambah semangat belajar. Partner ini bisa dari teman, pacar, saudara, orang tua, dll. Partner-partner ini akan memberi kita motivasi untuk lebih bersemanga dalam belajar.

4. Melihat Kemajuan Orang Lain

Biasanya dengan melihat kemajuan orang lain, seseorang akan berusaha untuk menjadi seperti orang tersebut, bahkan menjadi lebih baik. Untuk mencapainya tentu tidak boleh dilakukan dengan bermalas-malasan.




No comments:

Post a Comment